Widget HTML Atas

Resep Sop Konro Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan

Konten [Tampil]

Resep Sop Konro Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan

Resep Sop Konro Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan - Masakan khas Sulawesi Selatan memang tidak pernah gagal memanjakan lidah penikmatnya. Setiap olahan daging sapi yang dimasak menghasilkan rasa yang berbeda dan memiliki cita rasa otentik khas dengan rempah-rempah Indonesia. Salah satu masakan dari Sulawesi Selatan yang paling banyak peminatnya adalah sup konro khas Makassar.

Sup konro merupakan sajian lezat yang terbuat dari iga sapi pilihan. Kuahnya yang gurih dan berkaldu menjadikan makanan tersebut sebagai hidangan lezat dalam acara-acara besar di Sulawesi Selatan. Sup konro menjadi favorit semua orang yang memang menyukai iga sapi. Selain coto dan pallubasa, ternyata nama sup konro mulai dikenal di seluruh Indonesia.

Bahkan di luar Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Ibukota banyak penjual sup konro di restoran ataupun rumah makan sederhana. Kehadiran sup konro mengingatkan pada olahan daging khas Jawa yaitu rawon. Jika rawon memiliki kuah yang berwarna hitam pekat, sup konro mempunyai kuah yang cenderung bening dan berminyak.

Tambahan bumbu pelengkap membuat makanan tersebut semakin menarik untuk dinikmati. Sup konro dan beberapa makanan khas lainnya sudah menjadi sajian legendaris yang patut di lestarikan. Dengan begitu anda sudah menjaga aneka ragam kuliner di Nusantara. Orang Makassar asli menyajikan sup konro dengan buras atau ketupat.

Memang rasanya yang berkaldu dan daging iga yang empuk, membuat anda tidak bisa berhenti makan. Apabila anda ingin menyantapnya dirumah, ikutilah resep dan cara pengolahannya dibawah ini agar hasilnya lebih enak dan sama persis seperti buatan orang Makassar.

Resep Sup Konro Iga Sapi Khas Makassar

Bahan-Bahan Sup Konro Iga Sapi : 

  • 1 kg iga sapi
  • 6 buah keluwek
  • 5 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam jawa

Bumbu Halus Sup Konro Iga Sapi :

  • 7 buah kemiri sangrai
  • 8 butir bawang merah
  • 1/2 sdm lengkuas cincang
  • 5 siung bawang putih

Cara Membuat Sup Konro Iga Sapi Khas Makassar

  1. Pertama, siapkan iga sapi kemudian cuci bersih potong dengan ukuran 10 cm dan rebus dalam air mendidih. Menggunakan air 2 liter dan tambahkan daun salam, jeruk nipis, dan serai sampai daging lunak.
  2. Siapkan bumbu halus, kemudian haluskan sampai tidak bergerindil. Tambahkan 3 sendok makan minyak sampai berubah warna dan harum.
  3. Masukkan keluwek dalam tumisan bumbu, lalu aduk sebentar saja. Setelah semua tercampur, bumbu dimasukan ke dalam rebusan daging iga. Masak semuanya sampai bumbu meresap dan iga sapi matang sempurna.
  4. Setelah itu sisakan air rebusan daging iga sebanyak 750 ml, lalu tambahkan air asam jawa dan masak kembali hingga mendidih.
  5. Jika sudah matang, hidangkan sop konro dengan tambahan bawang goreng dan perasan jeruk nipis. 

Penutup

Itulah resep sup konro iga sapi khas Makassar atau Sulawesi Selatan. Ternyata cara pengolahannya sangat mudah sekali seperti membuat rawon daging sapi. Penggunaan kluwek ternyata untuk memberikan warna hitam pada kuah supnya, namun warna hitam tidak mempengaruhi rasa pada kuah sup konronya. Justru rasanya lebih sempurna dan menampah cita rasa sup konro, gurih dan berempah itulah rasa yang dimiliki sup konro iga sapi. 

Tidak ada komentar untuk "Resep Sop Konro Daging Sapi Khas Sulawesi Selatan"