Widget HTML Atas

Resep Masakan Daging Sapi Sie Reuboh Khas Aceh, Pedas Nikmat

Konten [Tampil]

Resep Masakan Daging Sapi Sie Reuboh Khas Aceh

Resep Masakan Daging Sapi Sie Reuboh Khas Aceh -Halo sobat kuliner! Makanan khas Aceh yang akan kami bahas kali ini juga menggunakan bahan dasar daging sapi. Menu masakan dari Aceh adalah sie reuboh atau daging rebus khas Aceh. Dalam bahasa Aceh sie reuboh artinya daging rebus, sajian makanan tersebut merupakan makanan turun-temurun dari kota serambi mekah.

Masakan yang satu ini sering disajikan ketika bulan ramadhan tiba. Sie reuboh menjadi makanan yang sangat unik, sebab dapat bertahan selama satu bulan kedepan. Bahkan semakin bertambah lama, rasanya menjadi semakin enak dan menggugah selera penikmatnya.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi menyediakan menu makanan banyak ketika bulan ramadhan. Sebab memiliki stok sie reuboh untuk menu makan berbuka dan untuk sahur. Bukan hanya berbahan dasar daging sapi saja. 

Masakan sie reuboh juga mengandung campuran lemak daging serta tambahan bumbu rempah yang membuat semakin kaya rasa. Karena perpaduan dari rempah-rempah, masakan sie reuboh menghasilkan rasa yang gurih, manis, pedas dan asam semakin menggugah selera.

Di Aceh sendiri, pengolahan sie reuboh menggunakan belanga atau kuali dari tanah liat sebagai alat pemasakannya. Tapi jika anda tidak memilikinya bisa juga menggunakan kuali jenis lain untuk memasak sie reuboh dirumah. 

Pastikan semua bumbu dan bahan-bahan yang digunakan tersedia, dengan begitu anda akan mudah dalam pengolahannya. Memasak sie reuboh memang membutuhkan waktu lama, karena proses pemasakan harus bisa membuat daging sapi tersebut empuk dan matang sempurna. Dibawah ini kami akan membagikan resep praktis pembuatan sie reuboh khas Aceh. 

Resep Sie Reuboh Daging Sapi Khas Aceh

Bahan-Bahan Sie Reuboh Aceh :

  • 1 kg daging sapi 
  • 1/4 kg lemak sapi
  • air secukupnya
  • 30 ml cuka aren ( enau )

Bumbu Halus Sie Reuboh Aceh :

  • 10 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai merah kering
  • 5 batang kunyit
  • 10 buah bawang merah
  • 1/2 ons cabai cabai rawit
  • Jahe

Bahan Pelengkap Sie Reuboh Aceh :

  • 2 cm lengkuas
  • 5 buah cabai merah utuh
  • garam secukupnya

Cara Membuat Sie Reuboh Khas Aceh

  1. Masukkan daging sapi bersih ke dalam kuali panas, kemudian berikan garam jangan lupa diaduk sampai tercampur rata.
  2. Kemudian masukkan semua bumbu halus dan aduk hingga merata. Selanjutnya berikan irisan lengkuas. Tambahkan air secukupnya sampai mendidih.
  3. Jika air sudah mulai menyusut, berikanlah cuka dan tambahkan air sampai seluruh permukaan daging terendam. 
  4. Tutup kualinya, masak daging sapi hingga air menyusut dan empuk. Tambahkan garam untuk penambah rasa sie reubohnya. 
  5. Setelah air menyusut, taburi dengan cabai utuh dan aduk kembali. Cabai utuh berguna untuk mengembalikan rasa pedas yang dapat terpecah ketika anda menghangatkan makanan tersebut. 
  6. Masaklah sebentar, kemudian matikan apinya. Sie reuboh dapat dinikmati sebagai hidangan lezat bersama nasi hangat saat lebaran. 

Penutup

Jadi itulah resep sie reuboh daging sapi khas Aceh. Sangat jarang sekali ya proses memasak menggunakan belanga ataupun kuali tanah liat, karena kebanyakan sekarang ini banyak yang menggunakan panci besar dengan bahan alumunium. Dengan menggunakan kuali tanah liat, cita rasa sie reuboh menjadi sangat otentik dan lezat. Selain menggunakan bahan dasar daging sapi, anda juga bisa menggantinya dengan daging kerbau atau kambing. 

Tidak ada komentar untuk "Resep Masakan Daging Sapi Sie Reuboh Khas Aceh, Pedas Nikmat"