Widget HTML Atas

Resep Minuman Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

Konten [Tampil]

Resep Minuman Es Laksamana Mengamuk

Resep Minuman Es Laksamana Mengamuk - Halo sobat kuliner! Akhir-akhir ini cuaca lagi panas banget, maka dari itu kami akan membagikan resep minuman segar khas Riau yang bisa menghilangkan dahaga anda. Minuman yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang, bahkan resepnya sudah banyak di coba.

Selain menyegarkan, dalam minuman tersebut lengkap dengan buah-buahan fresh yang tentunya sangat nikmat di santap saat cuaca panas. Minuman khas Riau tersebut adalah Es Laksamana Mengamuk. Apakah anda sudah pernah mencobanya? Jika belum, ini waktu yang tepat untuk membuatnya dirumah.

Minuman yang kerap disajikan secara dingin tersebut memang berasal dari Indonesia yaitu provinsi Riau. Dalam minuman tersebut berisi buah mangga kweni yang harum, sedikit asam dan manis. Lalu disajikan bersama campuran gula merah serta kuah santan yang sangat gurih. 

Bahkan ada tambahan kelapa muda serta biji selasih yang membuat minuman tersebut semakin segar dan menarik untuk disantap. Rasanya cenderung creamy dan manis. Terdapat tambahan berbagai buah-buahan juga bisa membuat anda kenyang. Jika anda penasaran dengan rasanya, mari simak resep pembuatannya dibawah ini. 

Resep Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

Bahan-Bahan Es Laksamana Khas Riau :

  • 500 gram mangga kweni, potong dadu
  • 1 sdt biji selasih, rendam dengan air panas
  • 200 gram daging kelapa muda
  • es batu secukupnya 

Kuah Santan Es Laksamana Khas Riau : 

  • 3 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 600 ml santan cair
  •  ½ sdt garam

Sirup Gula Es Laksamana Khas Riau : 

  •  14    sdt garam
  • 250 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan ikat simpul

Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

  1. Membuat kuah santan: Rebus santan, daun pandan dan garam di dalam panci. Sambil diaduk hingga mendidih, kemudian angkat dan dinginkan. 
  2. Air gula atau sirup gula: Rebus air, tambahkan gula pasir, daun pandan dan garam sampai mendidih dan gul larut. Kemudian angkat dan dinginkan. 
  3. Sajikan, dengan tambahan potongan buah mangga, kelapa muda, dan selasih di dalam gelas. Lalu tambahkan sirup gula dan es batu sesuai selera saja. Siramkan kuah santan dan sajikan dengan es batu lebih nikmat. 

Penutup 

Demikian cara membuat es laksamana mengamuk khas Riau. Sangat mudah dan simpel, cocok banget buat yang mau jualan. Cocok diminum hangat ataupun dingin, dengan tambahan buah-buahan segar serta daging kelapa muda, selain menyegarkan juga membuat kenyang. Tipsnya, anda boleh mengganti daging kelapa muda menggunakan nata de coco untuk tekstur yang lebih kenyal. 

Tidak ada komentar untuk "Resep Minuman Es Laksamana Mengamuk Khas Riau"