Widget HTML Atas

Resep Semur Malbi Daging Sapi Khas Palembang, Lemak Nian

Konten [Tampil]

Resep Semur Malbi Daging Sapi Khas Palembang 

Resep Semur Malbi Daging Sapi Khas Palembang - Halo sobat kuliner! Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan resep masakan dari olahan daging sapi. Resep masakan kali ini adalah masakan khas dari kota pempek yaitu Palembang. Anda pasti sudah mengetahui bahwa di Kota Palembang memiliki beragam kuliner yang sangat lezat.

Oleh karena itu, kami disini akan mebagikan resep masakan dari palembang yang berbahan dasar daging sapi. Sebentar lagi umat islam akan merayakan hari raya Idhul Adha dan olahan daging sapi kali ini sangat cocok untuk dijadikan menu masakan saat hari saya. 

Malbi adalah masakan sejenis semur yang memiliki cita rasa manis dan berasal dari kota palembang yang mayoritas masyarakatnya menyukai masakan pedas. Di Palembang biasanya malbi dihidangkan dengan nasi minyak, kerupuk dan sambal nanas yang cukup pedas. Serta diberi tambahan acar yang akan memberikan rasa asam pedas pada masakan tersebut. 

Masyarakat palembang akan menyajikan masakan tersebut saat perayaan Idhul fitri, Idhul Adha dan acara pernikahan. Jika dilihat secara sekilas hampir mirip seperti lapis daging sapi surabaya. Tetapi, semur malbi tidak sama seperti lapis daging sapi. Pada dasarnya malbi mirip seperti gulai hitam dengan rasa yang manis dan gurih. 

Ternyata masakan semur banyak sekali macamnya, semur malbi menggunakan daging sengkel sapi yang dimasak hingga empuk. Setelah itu, daging sengkel akan dimasak secara bersamaan dengan bumbu rempah-rempah tersebut. Masakan yang akan kami bahas kali ini adalah semur malbi khas palembang. 

Tahukah anda, bahwa malbi merupakan masakan sejenis semur yang kental dan berbahan dasar daging khas Palembang, Sumatera Selatan. Mengapa disebut malbi? Karena hidangan tersebut dimasak menggunakan kecap, sehingga banyak yang mengatakan bahwa hidangan tersebut adalah semur daging sapinya orang palembang. Pada dasarnya malbi terbuat dari daging sapi yang khas serta tambahan rempah-rempah lainnya. 

Selain menggunakan daging sengkel sapi, ternyata semur malbi juga bisa di masak sesuai selera anda. Berikut olahan semur malbi yang dikreasikan yaitu resep malbi ayam, resep malbi daging santan, semur malbi palembang, bumbu malbi daging, resep malbi daging sapi tanpa santan, resep malbi daging sajian sedap, dan resep malbi daging pakai santan.

Perbedaan malbi dan semur sangatöah jelas, dari segi rasa dan juga fisik. Jika semur pada umumnya terlihat lebih encer kuahnya, namun untuk malbi lebih kental dan berempah. Daripada anda penasaran dengan resepnya, berikut ini adalah resep lengkap pembuatan malbi daging sapi dengan bahan-bahan alami kaya akan rempah indonesia. Simak resep lengkapnya dibawah ini. 

Resep Malbi Daging Sapi Khas Palembang

Bahan-bahan :

  • 500 g Daging sengkel sapi 
  • 3 cm kayu mesoyi
  • 2 cm kayu manis
  • 2 batang cengkeh
  • 1.000 ml air bersih
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 2 sdm bawang goreng
  • Minyak goreng
  • 8 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm asam jawa
  • 8 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica 
  • 2 cm jahe

Bumbu halus :

  • 8 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 2 cm jahe

Cara Pembuatan Malbi Khas Palembang

  1. Ambil daging sengkel sapi, kemudian potong dadu dan cuci bersih. Jika sudah anda bisa langsung merebus daging tersebut hingga empuk dan matang. 
  2. Sambil menunggu daging empuk, siapkan semua bahan-bahah bumbu halus yang sudah di tulis diatas, lalu haluskan dengan ulekan, blender atau chooper sampai harus merata dan pastikan tidak ada bahan yang bergerindil. Semua bahan bumbu halus perlu dimasukkan kecuali mesoyi, cengkeh, kayu manis. Setelah bumbu halus merata, lanjut ditumis bersama mesoyi, kayu manis dan juga cengkeh sampai berbau harum.
  3. Apabila daging sudah empuk dan bumbu halus sudah ditumis sampai harum. Langkah selanjutnya masukkan daging sengkel tersebut, tambahkan air secukupnya dan kecap manis, pala bubuk dan garam. Lanjut masak hingga bumbu meresap dan air agar menyurut. 
  4. Jangan lupa tambahkan air asam jawa, aduk sampai tercampur rata. Matikan kompor semur malbi daging sapi siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng diatasnya. 
  5. Semur malbi siap disajikan selagi hangat, rempah-rempah indonesia membuat malbi semakin lemak nian. 

Apakah yang Dimaksud Mesoyi?

Pada bahan diatas, kami menyebutkan mesoyi. Mungkin buat anda yang bukan masyarakat palembang tidak mengerti bahan masakan apa mesoyi itu. Oleh karena itu, kami disini akan menjelaskan apa itu mesoyi agar anda tidak kebingungan saat menyiapkan bahan masakan tersebut. Jadi, mesoyi atau masoi adalah sejenis pohon yang hampir mirip dengan kayu manis.

Pohon mesoyi masih berkerabat dekat dengan pohon kayu manis. Di papua pohon mesoyi dikenal sebagai pohon aikor atau aikori. Mesoyi berupa pohon tinggi yang mencapai sekitar 25 meter. Mempunyai batang yang tebal dan berdiameter kurang lebih 30 cm. Tebal kulit kayunya mencapai 0,5 cm dan pohon mesoy ini menebarkan aroma wangi yang khas. 

Penutup

Demikian itulah resep yang kami bagikan hari ini yaitu resep semur malbi daging sapi khas palembang. Masakan yang satu ini adalah hidangan spesial di hari raya umat islam dan sering disajikan saat pernikahan. Masakan daging sapi yang kaya akan rempah indonesia, membuat cita rasa masakan menjadi nikmat dan gurih. 

Masyarkat palembang menyebutnya Lemak Nian, yang berarti lezat sekali. Tujuan resep ini dibuat, supaya anda dapat mencobanya dirumah dan rasakan kenikmatan sensasi masakan khas palembang. Jadi, jangan lupa recook ya. Sekian artikel pada hari ini, semoga resep diatas dapat di pahami. Sampai jumpa di resep selanjutnya! 

Tidak ada komentar untuk "Resep Semur Malbi Daging Sapi Khas Palembang, Lemak Nian"