Widget HTML Atas

Resep Rendang Daging Kambing, Cocok Untuk Menu Idul Adha

Konten [Tampil]
RESEP RENDANG DAGING KAMBING

Resep Rendang Daging Kambing - Halo sobat kuliner! Tidak terasa nih, Hari Raya Idul Adha tinggal beberapa hari lagi. Pada hari besar Islam ini, seperti yang kita ketahui terdapat amalan ibadah kurban dengan menyembelih hewan kurban. Nah, biasanya ketika Hari Raya Idul Adha juga identik dengan makanan olahan daging, termasuk olahan daging kambing.

Perlu kalian ketahui, bahwa daging kambing adalah bahan makanan yang sangat nikmat, tetapi memerlukan pengolahan yang tepat agar empuk dan enak. Jangan sampai kalian salah memasak resep gulai kambing sampai daging kambing terasa keras dan menimbulkan bau prengus. Bagi kalian yang bertanya-tanya, Bagaimana sih, cara menghilangkan baru pada daging kambing?

Sebenarnya cara untuk menghilangkan bau pada daging kambing yaitu dengan membungkusnya dengan daun pepaya, atau juga bisa mencampurkan daging kambing dengan nanasa yang sudah diparut. Lalu diamkan beberapa saat kemudian cuci bersih, jangan lupa untuk memastikan agar tidak terburu-buru mengangkat daging kambing dari rebusan sebelum tekstur daging kambing empuk.

Bagi kalian yang ingin menyajikan masakan daging kambing dengan menu berbeda dari yang lain, Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu resep olahan daging kambing yaitu rendang daging kambing. Penasaran bagaimana cara memasaknya? Yuk simak terus ulasan resep rendang kambing padang dibawah ini!

Resep Rendang Kambing Sederhana

Siapa sih yang tidak mengenal masakan rendang? Makanan khas Padang ini telah menjadi makanan yang paling sering dibuat menjadi menu khusus seperti olahan sapi. Namun kali ini kami tidak mengulas membuat rendang sapi, melainkan resep daging kambing.

Daging kambing ternyata juga bisa diolah menjadi rendang yang empuk dan nikmat. Namun untuk membuat resep rendang daging kambing tanpa santan membutuhkan beberapa bumbu rempah agar daging terasa wangi serta dengan proses yang cukup lama supaya daging terasa lembut dan nikmat.

Bahan-bahan :

  • 3 cm kunyit, bakar sebentar
  • 4 cm asam gelugur
  • 4 lembar daun serai
  • 12 siung bawang merah yang sudah diiris
  • 2 kilogram daging kambing, potong dadu
  • 2 sdt garam
  • 2,5 liter santan

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 6 lembar daun jeruk nipis
  • 4 lembar daun kunyit
  • 100 gram cabai merah besar
  • 1,5 sdt jintan
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt pala
  • 2 cm lengkuas
  • 120 gram cabai merah

Cara Membuat Rendang Daging Kambing Empuk

Jika ingin membuat rendang daging kambing yang memiliki tekstur empuk, diperlukan beberapa cara dan dimasak dengan waktu yang cukup lama. Mengapa demikian? Karena daging kambing apabila dimasak dengan asal-asalan, maka kemungkinan daging akan alot.

Supaya tidak terjadi hal seperti itu, simak cara membuat rendang daging sapi yang empuk dan enak serta resep rendang kambing tidak bau sebagai berikut:
  1. Langkah awal yaitu rebus beberapa bumbu seperti bawang merah yang sudah diiris, asam gelugur, dan kunyit dalam santan.
  2. Rebus semua bumbu tersebut dengan menggunakan wajan dengan api yang sedang sambil diaduk secara perlahan.
  3. Selanjutnya masukkan semua bumbu halus ke dalam wajan yang sudah berisi santan dan aduk dengan waktu sekitar 30 menit.
  4. Apabila sudah, kalian bisa langsung memasukkan daging kambing yang sudah dipotong berbentuk dadu ke dalam santan yang direbus sampai mengeluarkan minyak.
  5. Aduk terus secara perlahan supaya tidak lengket dan masak dengan api kecil sampai santan mengering dan mengental.
  6. Setelah semuanya merata, ungkep daging yang telah dimasak selama 45 menit. Hal ini supaya semua bumbu yang dimasak bisa meresap ke dalam daging kambing dan terasa lembut.
  7. Ambil garpu atau sendok lalu tekan daging kambing yang sudah dimasak, apabila dirasa sudah empuk maka matikan api dan angkat.
  8. Rendang daging kambing siap disajikan.

Tips Daging Kambing Empuk dan Tidak Berbau Prengus

Jika kalian masih bingung bagaimana cara agar memasak daging kambing yang empuk dan tidak berbau prengus dengan bumbu rendang kambing jawa, kami juga akan memberikan tips bikin rendang daging kambing sebagai berikut.

1. Buang lemak daging kambing

Perlu kalian ketahui, bahwa salah satu penyebab daging kambing berbau prengus adalah lemak daging. Jika kalian ingin menghilangkan baunya, kalian bisa membuangnya lemak pada daging kambing dengan cara mengirisnya. Agar lebih mudah dalam mengiris, kalian bisa membekukan daging kambing terlebih dahulu sampai lapisan lemak membeku lalu iris daging kambing tersebut.

2. Jangan cuci daging kambing

Sebaiknya apabila ingin membuat daging kambing empuk dan tidak berbau, maka sebaiknya jangan mencuci daging kambing karena akan menyebabkan daging kambing menjadi alot dan semakin bau. Alternatif selain di cuci yaitu cukup bersihkan dengan tisu lalu rebus langsung daging kambing tersebut selama 10 menit, setelah itu buang air rebusan dan ganti dengan air yang baru.

3. Rebus daging kambing dengan rempah-rempah

Jika kalian ingin memasak olahan daging kambing berkuah, biasanya bau prengus daging kambing juga akan terasa pada kuahnya. Untuk menghindari hal tersebut, kalian bisa menambahkan rempah-rempah pada rebusan daging kambing seperti bawang putih, daun bawang, jahe, ataupun serai ke dalam rebusan daging kambing yang kedua.

4. Taburi daging kambing dengan garam

Apabila kalian sudah terlanjur mencuci daging kambing, kalian tidak perlu terlalu khawatir jika daging kambing akan alot dan berbau prengus. Karena solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menaburi daging kambing dengan garam sampai menyeluruh, lalu diamkan selama satu jam sebelum diolah.

Akhir Kata

Itulah resep rendang daging kambing empuk dan lembuh yang cocok untuk dijadikan hidangan menu ketika Hari Raya Idul Adha. Diharapkan dengan adanya resep dan cara membuat rendang kambing ini, kalian bisa memasak rendang daging kambing dengan tekstur empuk, lembut dan tidak berbau prengus. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tidak ada komentar untuk "Resep Rendang Daging Kambing, Cocok Untuk Menu Idul Adha"